Sejarah dan Perkembangan Twitter Super Lengkap

Saat ini situs jejaring sosial atau yang akrab di sapa dengan media sosial semakin banyak dan berkembang. Tidak hanya satu atau dua saja,jumlah media sosial di seluruh dunia saat ini bahkan mencapai lebih dari 20 situs. Dan kehadiran media sosial ini ternyata sudah menjadi sebuah trend yang menarik. Dimana aktifitas social networking kini menjadi aktifitas favorit para netizen yang sedang berselancar di internet.


Twitter, bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi mendengarnya. Twitter merupakan salah satu situs media sosial yang paling di gemari saat ini. Belakangan ini twitter berhasil mencuri perhatian dunia, dimana menurut salah satu sumber menyatakan bahwa jumlah pengguna terdaftar yang tercatat pada awal tahun 2015 mencapai sekitar 500 juta-an, 300 juta-an di antaranya merupakan pengguna aktif. Dan di Indonesia sendiri sudah mencapai 50 juta-an pengguna, yang artinya negara dengan pengguna twitter terbesar di asia. Baik, untuk mengenal twitter lebih jauh lagi mari kita simak pembahasan mengenai sejarah dan perkembangan twitter lengkap dengan kisah penemunya berikut ini :


Pengertian Twitter
 Sebelum mengetahui sejarahnya, kita harus tahu dulu apa itu twitter. Di kutip dari wikipedia, bahwa twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang di kenal dengan sebutan kicauan (tweet).

Maksud dari mikroblog daring di atas adalah twitter juga mirip sebuah blog, dimana kita bisa menulis artikel di dalamnya, perbedaannya terletak pada kapasitasnya. Mikroblog hanya memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter. Dan di twitter sendiri kita hanya bisa menulis artikel tidak lebih dari 140 karakter, berbeda dengan blog yang mampu menampung ribuan karakter serta dapat memposting gambar maupun video ke dalamnya.



Sejarah Twitter
 Sebenarnya twitter sudah berdiri sejak 9 tahun yang lalu sejak saya menulis artikel ini, tepatnya pada 21 Maret 2006. Twitter di dirikan oleh Evan Williams, Jack Dorsey, Noah Glass dan Isaac "Biz" Stone.

Evan Williams merupakan satu dari dua orang pendiri Pyra Labs, yang berhasil menciptakan Blogger sebelum akhirnya di akuisisi oleh Google pada tanggal 13 Februari 2003. Kemudian Evan Williams juga mendirikan Odeo yang merupakan startup (perusahaan rintisan) bersama dengan Noah Glass. Perusahaan ini fokus pada layanan podcasting, namun karena saat itu Apple juga menciptakan layanan serupa,iTunes Store. Akhirnya mereka memutuskan untuk mundur dari bisnis tersebut.

Lalu mereka mengadakan diskusi dengan rekan mereka, Jack Dorsey yang merupakan seorang mahasiswa sarjana Universitas New York dan seorang pengembang web. Saat itu dia mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Dan sebenarnya saat itu dia memang tengah mengembangkan sebuah layanan messaging.

Evan Williams memiliki gagasan untuk memberi kode nama layanan ini twttr, tapi kemudian gagasan ini di kemukakan oleh Noah Glass. Nama kode tersebut terinspirasi oleh Flickir dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Selanjutnya mereka bertiga di tambah dengan Biz Stone yang juga berperan dalam menulis purwarupa twitter, membangun startup baru bernama Obvious Corp.

Di bawah Obvious Corp mereka mengembangkan beberapa aplikasi termasuk aplikasi layanan messaging yang pernah mereka diskusikan. Namun mereka menambahkan dua huruf vokal ke dalam kode nama aplikasi itu, sehingga namanya berubah menjadi "twitter" seperti yang kita kenal sampai sekarang. Jack Dorsey mempublikasikan pesan twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST, tanggal 21 Maret 2006. lalu Versi lengkapnya di kenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli di tahun yang sama.

Dan pada bulan April 2007 twitter menjadi sebuah perusahaan mandiri dengan nama Twitter, Inc. Sedangkan untuk kepemimpinan awalnya di duduki oleh Jack Dorsey sebagai CEO. Titik puncak popularitas twitter terjadi saat penyelenggaraan konferensi South By South West Interactive (SXSWI) pada tahun 2007. Selama acara tersebut pengguna twitter meningkat dari 20.000 kicauan menjadi 60.000 kicauan perhari.


Perkembangan Twitter

 Seiring berjalannya waktu, twitter mengalami pertumbuhan yang pesat, Terdapat 400.000 kicauan yang di posting per kuartal pada tahun 2007. Dan jumlah ini meningkat menjadi 100 juta kicauan per kuartal pada tahun 2008. Pada februari 2010, twitter mengirimkan 50 juta kicauan perhari. Di bulan Maret 2010, perusahaan mencatat terdapat lebih dari 70.000 aplikasi terdaftar.

Hinga bulan Juni 2010, menurut twitter, sekitar 65 juta kicauan di posting setiap harinya, atau sekitar 750 kicauan perdetik. Dan pada bulan Maret 2011, jumlah kicauan yang di posting setiap harinya mencapai 140 juta. Menurut data dari Competecom, posisi twitter naik ke peringkat ke tiga sebagai situs jejaring sosial yang paling sering di kunjungi pada bulan januari 2009, dari yang sebelumnya peringkat dua puluh dua.

Lonjakan penggunaan twitter umumnya terjadi saat berlangsungnya peristiwa-peristiwa populer. Sebagai contoh, rekor twitter tercatat pada penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2010, saat penggemar menulis 2.940 kicauan perdetik setelah Jepang mencetak Gol ke gawang Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Bahkan server twitter pernah jebol saat puluhan juta pengguna memperbarui statusnya setelah penyanyi Amerika Michael Jackson Wafat pada 25 Juni 2009.

Selama perjalanannya, twitter banyak melakukan perombakan dan perubahan. Entah itu pada tampilan situsnya, maupun pada kepengurusannya. Contoh perubahan pada situsnya terjadi pada 8 Desember 2011, saat itu twitter merombak situsnya dengan memperkenalkan fitur desain "fly", layanan ini di bertujuan untuk memudahkan pengguna baru dalam mengikuti dan mempromosikan iklan.

Tak berhenti sampai di situ, saat itu twitter juga memperkenalkan tab Beranda (Home), Hubungkan (Connect) dan temukan (Discover) serta mendesai ulang profil dan lini masa kicauan. Selain fitur, twitter juga mengubah logonya. Tercatat sudah tiga kali twitter mendesai ulang logonya sejak peluncuran pertama pada 2006. Terakhir twitter mengubah logonya pada 5 Juni 2012, mereka menamakan logo barunya yang bergambar burung biru muda tanpa tulisan itu dengan "Twitter Bird", menggantikan logo kedua mereka yang bernama "Larry The Bird".

Sedangkan untuk kepengurusannya, twitter sudah tiga kali memiliki CEO yang berbeda. Jabatan CEO itu sendiri pertama kali di jabat oleh Jack Dorsey, kemudian pada tanggal 16 Oktober 2008 Jack Dorsey di gantikan oleh Evan Williams sedangkan Jack Dorsey menjadi pimpinan eksekutif. Pada 4 Oktober 2010 Evan Williams mengundurkan diri dari jabatannya, dan di gantikan oleh Dick Costolo yang sebelumnya menjabat COO.

Saat ini, twitter berbasis di San Francisco, memiliki kantor dan bantuan di New York City, Boston dan San Antonio. Twitter juga sudah menjadi salah satu dari 10 situs yang paling sering di kunjungi di internet menurut data yang di ambil dari 
ranking Alexatepatnya di posisi ke-9, masih kalah oleh media sosial populer lainnya, facebook yang berada di posisi ke-2Dan tingginya populer twitter ini di manfaatkan oleh berbagai kalangan untuk keperluan dalam berbagai aspek, seperti sebagai sarana untuk pembelajaran,kampanye politik bahkan di jadikan sebagai sarana untuk melakukan protes.



Rupanya pepatah yang menyatakan semakin tinggi pohon, semakin kencang anginnya ini berlaku pada twitter. Pasalnya twitter juga di hadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.

Dan khusus bagi kita sebagai pengguna sudah seharusnya kita menggunakan layanan twitter ini untuk hal yang positif saja, bukan hanya twitter saja sebenarnya, tapi kita harus bisa menggunakan berbagai layanan yang ada di internet ini sebijak mungkin demi untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Sekian penjelasan mengenai sejarah dan perkembangan twitter lengkap dengan kisah penemunya. Terima kasih sudah membaca artikel saya dan Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak dan berbagi pendapat di kolom komentarnya ya.

0 Response to "Sejarah dan Perkembangan Twitter Super Lengkap"

Post a Comment

sdfsdfsd